Selasa, 14 Juni 2011

Jalan Baru Meniti Harapan


SUATU siang di desa Ngalupolo, Ende, Nusa Tenggara Timur. Di tengah terik matahari, terlihat sekelompok pemuda pemudi berdiri di hamparan tanah beberapa meter di atas laut. Meski berkeringat namun tak nampak keletihan di muka mereka, bahkan harapan terbersit dalam sinar mata mereka.

Mereka adalah Paulus Sani, Nahlis, Bari, Maria dan teman-teman lainnya yang merupakan anggota-anggota Komisi Investasi Desa (KID) dan Fasilitator Desa yang terlibat dalam kegiatan PFI3P.
Pandangan mereka terfokus pada alat berat yang sedang dijalankan untuk membuka jalan baru ke desa mereka. Jalan baru tersebut dibuat dengan mengikis perbukitan, terbentang memanjang, meliuk mengikuti bukit di atas permukaan laut. 
Pantaslah pandangan mereka penuh harap karena dengan adanya jalan tersebut kehidupan di desa akan semakin marak, menjual hasil pertanian tak lagi berat dengan harus memanggul dan berjalan berkilometer di atas bukit untuk sampai ke kota. Alat transportasi pun semakin dekat ke batas desa. Robertus Metu, sopir angkot pun merasakan berkah dengan adanya pembukaan jalan baru tersebut. Angkutannya bisa beroperasi semakin jauh sehingga penumpang semakin banyak.

Desa Ngalupolo merupakan salah satu desa target investasi desa di Kabupaten Ende melalui Proyek PFI3P. Dengan adanya jalan baru membuka akses petani, sehingga hasil pertaniannya dapat dipasarkan lebih luas, akses informasi pertanian juga meningkat.

naskah dan foto oleh : pfi3p.litbang.deptan.go.id/index.php
Kamis, 08 September 2005 00:00 Info Aktual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar